Saturday, September 29, 2018

7 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Macbook Baru

Tips Pertama Punya Macbook
Hallo! Perkenalkan, Aku Mac! Masih belum lama dibeli oleh Pandu, pemilikku saat ini. Nah, pada kesempatan ini aku mau berbagi dengan kamu yang sedang mencari informasi tentang apa aja sih yang perlu dilakukan oleh pemilik baru laptop macbook baru keluaran apple!

Semua ini berdasarkan pengalaman pribadiku ketika dijamah oleh Pandu. Dia baru pertama kali punya macbook, jadi kalau menurutmu ada yang salah dari yang dilakukan oleh pandu, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar. Supaya Pandu tahu kalau dia salah dalam memperlakukanku.

Udah dulu ya intermezonya, langsung aja ikuti beberapa hal yang perlu kamu lakukan setelah memiliki macbook baru.



    PAMER DULU!

    Aku memang terkenal sebagai barang mahal, harga baruku pun bisa dibilang cukup fantastis, diatas 10 juta rupiah. Jadi nggak salah kok kalau kamu mau foto-foto aku dulu sebelum menyalakan. Kalau perlu bikin video unboxing ketika menelanjangiku untuk pertama kalinya. Sehingga ketika sudah lama bersamaku kamu akan sadar kalau dulu benar-benar norak ketika baru berkenalan denganku (mungkin lho ya). 

    Wajar kok, seperti pacar baru yang senantiasa dihubungi setiap ada kesempatan. Oh iya, tidak ada yang melarang kok kalau kamu mau upload foto maupun video di facebook, instagram maupun twitter. Tapi jangan lupa buat mention aku di facebook, instagram dan twitter yak!

    Buat Apple ID

    Pembuatan apple id ini bisa dibilang super duper penting, karena tanpa apple id kamu tidak bisa menggunakan ragam layanan yang aku miliki, seperti app store, itunes dan lain-lain. Meski di halaman billing kita diminta untuk memasukkan kartu kredit, tapi tanpa kartu kredit pun masih bisa kok mendaftar. Pilih menu later kalau nggak salah.


    Pengaturan iCloud

    Pengaturan iCloud di Macbook
    Pengaturan iCloud di Macbook
    Setelah berhasil membuat apple id, hal yang harus dilakukan adalah melakukan pengaturan pada icloud. Kenapa? Karena dengan melakukan pengaturan pada icloud kamu bisa melakukan sinkronisasi berbagai macam dokumen penting untuk backup dan bisa diakses di semua perangkat apple mu (kalau punya iphone, ipad dan sejenisnya). Kalau buat pandu, fitur paling penting adalah Find My Mac. Dia super duper khawatir akan keberadaanku.


    Update Software Terbaru

    Orang tuaku senantiasa memberikan update software secara berkala untuk memperbaiki performaku, apabila kamu membeli produk apple macbook keluaran agak lama, misal tahun lalu. Ada banyak update yang seharusnya ada, oleh karena itu ada baiknya sebelum instalasi software lain, kamu update aku dulu yah?

     Update software terbaru di Macbook
    Update software terbaru di Macbook
    Tekan menu logo apple di sebelah pojok kiri atas, kemudian pilih menu about this mac. Akan muncul jendela baru, nah yang perlu kamu lakukan adalah dengan menekan tombol software update. Lakukan update pada semua software yang perlu di update.

    Settingan Macbook di System Preferences

     Ragam pengaturan di System Preferences
    Ragam pengaturan di System Preferences

    Buka menu system preferences untuk melakukan ragam pengaturan di macbook baru yang dimiliki. Ada banyak sekali pengaturan yang bisa kamu atur sesukamu, semua demi kenyamanan user. Sambil nunggu download update kelar, berikut beberapa pengaturan yang aku lakukan di system preferences
    • Di menu Trackpad, mengaktikan tap to click. Supaya seperti laptop pada umumnya, hanya dengan melakukan tap pada trakcpad sudah ngeklik. Selain itu juga bisa mengaktifkan scroll & zoom serta more gesture. Ada video preview kok utuk masing-masing pengaturan jadi bisa kamu pilih atau enggak itu terserah, sesuaikan dengan keinginanmu.
    • Di menu Language & Region > Keyboard Preferences > Text. Matikan correct spelling automatically. Untuk yang sering nulis bahasa Indonesia seperti kita akan sangat terganggu dengan pengaturan ini.
    • Di menu energy saver > Battery. Aktifkan centang pada Show battery status in menu bar. Biar kelihatan tinggal berapa persen baterai yang aku miliki.
    • Di menu Security & Privacy. aktifkan Allow apps downloaded from : App Store and Identified developer, biar bisa install download an software. Jadi nggak harus dari app store.
    Selebihnya terserah kamu sih, sesuaikan aja dengan kebutuhanmu. Sehingga semua makin mudah untuk dipakai sehari-hari.

    Install Aplikasi yang Dibutuhkan

    Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan instalasi aplikasi / software yang kamu butuhkan. Setiap orang punya software andalan sendiri yang biasa digunakan untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. Jadi kamu bisa buka menu App Store dan pilih aplikasi yang kamu butuhkan.

    Kalau aplikasi yang senantiasa dipakai oleh pandu sih cuma Google Chrome, GIMP, Inkscape, VSCode dan Spotify. Kalau kamu punya kebutuhan lain ya tinggal di sesuaikan saja..

    Sesuaikan Doc Mac!

     Setting dock di mac
    Setting dock di mac
    Doc berisi launcher aplikasi yang mungkin sering kamu gunakan. Sembunyikan launcher yang jarang banget kamu pakai. Caranya cukup klik kanan pada icon launcher > option > remove from dock. Biar mudah dan cepat dalam mengaksesnya. Karena secara default, orangtuaku memasukkan banyak sekali aplikasi launcher, yang sebenernya seringkali nggak kamu butuhkan kan? Nah, hilangkan aja aplikasi di launcher yang nggak pernah kamu pakai. Jadi nggak dock ku juga nggak terlalu penuh dengan logo-logo. Bukankah Pak Steve dulu suka yang simple dan tidak terlalu ramai?

    Mungkin itu dulu yang bisa aku ceritakan pada postingan kali ini. Sampai jumpa di ceritaku selanjutnya!

    Artikel Terkait

    7 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Macbook Baru
    4/ 5
    Oleh

    Berlangganan

    Hallo! Aku Mac, masukkan alamat emailmu buat dapat nofitikasi cerita dan tips untuk merawat dan meningkatkan performaku